AMIGA Perkenalkan ‘AFIN’, Aplikasi Akuntansi Bisnis Untuk Anggota Komunitas OK OCE Youth!

Jakarta –¬†Kolaborasi OK OCE dan AMIGA, bentuk webinar ‘Transformasi Pencatatan Keuangan Dengan AI’ pada hari Senin (16/10). Fitri Handayani selaku Founder AMIGA mengatakan perlunya pencatatan keuangan masuk dan keluar.

“Apabila teman-teman¬†ingin membuat bisnis, hal yang harus diperhatikan adalah pencatatan. Hal tersebut sering dikesampingkan karena terlalu fokus pada Point of Sales atau penjualan,” ujar Fitri.

Ia juga mengatakan bahwa apabila membahas keuangan maka tidak bisa terlepas dari ilmu Akuntansi. Kini kegiatan akuntansi sangat dipermudah dengan sistem Artificial Intelligence (AI).

“Dengan sistem AI, Akuntansi yang bisa dilakukan diantaranya Automatisasi pencatatan transaksi, Permodelan prediksi dan analisis, Penyaringan dan identifikasi anomali, Pengelolaan kas, Klasifikasi dan pemrosesan tagihan, Laporan keuangan otomatis, Integrasi sistem hingga Pengambilan keputusan otomatis,” jelas Fitri.

Melihat banyaknya potensi yang dimiliki dalam sistem pencatatan keuangan menggunakan AI, AMIGA hadir menyediakan aplikasi bernama AFIN.

“AFIN adalah aplikasi yang menyediakan jasa keuangan dan administrasi (input kas masuk dan keluar, generate laporan seperti laporan kas, buku besar, laba rugi dan neraca, pembuatan dokumen keuangan seperti invoice, PO, quitation, PO) yang terintegrasi dengan aplikasi instant messanger seperti Whatsapp”, jelas Fitri.

Diharapkan aplikasi AFIN tersebut bisa membantu masyarakat terutama pelaku UMKM untuk melakukan pemantauan kinerja keuangan mencakup pendapatan, biaya, laba, arus kas, aset dan liabilitas yang berperan dalam perkembangan usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *