‘Cooking Class Peyek Kacang dan Rebon’ OK OCE Qalam Lampung, Pertahankan Makanan Tradisional dan Penciptaan Inovasi Wirausaha

Lampung – Dalam rangka merayakan kelezatan kuliner tradisional Indonesia sekaligus mengajak pecinta masakan daerah, OK OCE Qalam selaku Komunitas Penggerak OK OCE Indonesia mengadakan Cooking Class dengan fokus makanan Peyek Kacang dan Rebon.

Kegiatan yang dilaksanakan di Keluarahan Fajar Baru, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan pada Minggu, 17 Desember 2023 tersebut turut diikuti lebih dari 20 peserta yang berasal dari masyarakat umum dan anggota OK OCE Qalam Lampung.

Baca Juga: Kembangkan Inovasi Makanan, OK OCE Qalam Ciptakan ‘Cooking Class’ Pembuatan Jamur Crispy

Cooking class ini bertujuan untuk memperkenalkan teknik-teknik pembuatan peyek kacang dan rebon secara praktis, serta memberikan ruang bagi peserta untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam mengolah bahan-bahan tradisional menjadi camilan yang menggugah selera.

Selain teknik dan bahan, Septi Wulandari selaku UMKM yang bergerak dalam pembuatan Peyek Kacang dan Rebon tersebut juga membagikan pengalaman menarik hingga sesi praktek secara langsung.

“Bisnis Peyek Kacang dan Rebon ini peminatnya banyak, namun kita perlu menentukan segmentasi pasar yang tepat agar sesuai pada penerimanya (customer),” ujar Septi Wulandari.

Ia juga tidak lupa menekankan, walaupun Peyek merupakan makanan daerah namun ia mengajak para peserta untuk tetap memberikan bahan dan penyajian yang terbaik untuk menciptakan feedback positif dari customer.

Baca Juga: OK OCE Qalam Kab. Pringsewu Dorong Emak-Emak Mandiri Melalui ‘Cooking Class’ Pembuatan Lontong Paris

Susilawati Soehoed menilai dengan pelatihan tersebut bisa secara tidak langsung mempertahankan budaya berupa makanan tradisional.

“Melalui kegiatan positif ini saya harap ibu-bapak tidak hanya memahami materi pembuatan Peyek Kacang dan Rebon, namun juga membantu mempertahankan kuliner khas Indonesia ini, ” tegas Susi.

Menariknya, melalui pelatihan-pelatihan yang diadakan OK OCE Qalam Lampung tersebut terus menarik minat masyarakat umum untuk bergabung dalam Komunitas. Hal tersebut menggambarkan respon positif masyarakat Lampung terhadap pergerakan yang dilakukan OK OCE Qalam terhadap Kewirausahaan Lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *