Dorong UMKM Jamaah Masjid, OK OCE Berikan Bantuan Modal Usaha Untuk Masjid Al Irsyad Karanganyar Yogyakarta

Yogyakarta  –  Realisasi program Modal Berkah, OK OCE Indonesia melalui OK OCE Kemanusiaan menyalurkan Bantuan Modal Usaha UMKM kepada Masjid Al Irsyad Karanganyar Yogyakarta.

Baca Juga: Resmikan ‘Modal Berkah’ OK OCE, Sandi Uno : Akan Menjadi Pioneer Masjid Pemberdaya Masyarakat dan UMKM

Pada Senin, 20 November 2023 OK OCE memberikan bantuan pinjaman modal kepada para pelaku UMKM yang mengalami kesulitan modal dalam menjalankan usaha. Hadirnya program Modal Berkah ini, diharapkan bisa menjadi solusi langsung bagi pemilik UMKM maupun masyarakat yang ingin memulai usahanya tanpa adanya riba.

“Bagi saya, program dari OK OCE ini sangat bagus. Menyisir tiap masjid untuk membangkitkan kewirausahaan yang berbasis jamaah masjid. Kegiatan ini menjadi bekal bagi masjid untuk lebih mendekatkan kepada jamaah melalui program pembinaan ekonomi. Harapannya mereka juga akan lebih dekat bersama masjid untuk membangun religiusitas dan sekaligus  penanaman nilai atau etika bisnis kepada jamaah.” Kata Helmi Kurniawan selaku ketua takmir Masjid Al Irsyad Karanganyar Yogyakarta, seusai penyerahan dana hibah.

Ada 15 UMKM yang diwadahi Masjid Al Irsyad Karanganyar Yogyakarta. Selain mendapatkan modal, nantinya para pelaku usaha juga akan dibina dengan kegiatan edukasi seputar Ekonomi Syariah, Kajian Keagamaan, dan Sosial.

Baca Juga: Pemberdayaan Komunitas Masjid melalui Jenis Usaha yang Menguntungkan

Masjid Al Irsyad Karanganyar Yogyakarta juga memiliki Komunitas Pasar Online Karanganyar yang beranggotakan 231 orang, komunitas ini berdiri sejak masa pandemi gelombang awal. Mulai dari sini nanti akan dijaring pembinaan ekonomi berbasis masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *