‘Festival Guru 2023’, Ketum OK OCE Indonesia Bagikan Peran Guru Membangun Generasi Pencipta Lapangan Kerja

Jakarta – Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan potensi para pendidik sekaligus menyambut Hari Guru pada 25 November 2023, diadakan Festival Guru 2023.

Selain menjadi forum untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman pendidikan, festival ini juga memasukkan elemen pelatihan kewirausahaan untuk memberdayakan guru-guru sebagai agen perubahan untuk menciptakan lapangan kerja bagi siswa-siswi.

OK OCE turut hadir menyemarakan Festival Guru 2023 yang diadakan oleh Orbit360.id dengan memberikan Pelatihan kepada guru dan pengajar pendidikan dalam sesi ‘Festival Guru #Class’ pada Jumat (17/11).

Pelatihan tersebut diisi oleh Ketua Umum OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi dengan tema ‘Peran Guru dalam Membangun Generasi Pencipta Lapangan Kerja’, turut diikuti lebih dari ratusan guru secara daring aplikasi Zoom Meeting.

Baca Juga: Peluang Bisnis Menggiurkan, OK OCE Forever Gelar Pelatihan Membuat Sambal!

Dalam pemaparannya, Iim menggambarkan bahwa kini terdapat jutaan pengangguran di Indonesia.

“Kini tercatat sebanyak 8,40 juta warga Indonesia yang menganggur, bahkan sebanyak kedua tertinggi berasal dari bangku SMA dan SMK diikuti dari jenjang Perguruan Tinggi,” ujar Iim.

Iim menilai untuk menghindari angka pengangguran tersebut perlu mengenalkan siswa-siswi didalam kewirausahaan, karena sebanyak 99% pelaku usaha di indonesia terdiri dari UMKM, sekaligus juga UMKM menciptakan 98% lapangan kerja untuk menggerakan ekonomi masyarakat Indonesia. 

Iim merupakan pengusaha yang memiliki bisnis pendidikan Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas, maka dari itu sangatlah mengenal peran guru di dalam kewirausahaan.

“Peran guru untuk Kewirausahaan diantaranya edukasi kewirausahaan melalui mata pelajaran, meningkatkan kreatifitas siswa, pengembangan Softskill dan hardskill siswa hingga membentuk kemandirian dan jiwa kepemimpinan siswa,” jelas Iim.

Baca Juga: Bentuk Kepedulian Sosial, OK OCE Qalam Lampung Gelar Program ‘Bantuan Sembako’ ke Puluhan Kecamatan Bandar Lampung

Ketua Umum OK OCE tersebut juga menilai Pendidikan tidak terlepas dari aktivitas Gerakan Sosial OK OCE Indonesia.

“Hal ini sejalan dengan OK OCE, turut berkolaborasi dengan Lembaga Pendidikan melalui aktivitas Training of Trainer. Didalamnya memberikan edukasi, modul dan sesi sharing kepada Guru untuk mereka bisa membimbing siswa-siswi memiliki jiwa Kewirausahaan,” sambung Iim.

Dalam penutupnya ia berharap, para guru bisa mendorong siswa-siswi menjadi termotivasi sukses seperti Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim yang merupakan pengusaha muda yang sukses dengan kekayaan dan keahlian bisnis luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *