Gelar Kehormatan Mien Uno Dalam Bidang Kewirausahaan

Universitas Pendidikan Indonesia menganugerahkan Gelar Kehormatan, Doktor Hunoris Causa dalam bidang Kewirausahaan, kepada Mien Uno, Senin (18/10/2021). Mien Uno merupakan ibu dari Founder OK OCE, yakn Sandiaga Uno dan Indra Uno. Mien Uno telah berkontribusi dalam pembinaan kewirausahaan untuk generasi muda dan telah menginspirasi dalam dunia pendidikan Tanah Air melalui beberapa kegiatannya.

Dalam bidang pendidikan, Mien sendiri  juga dinilai memiliki kepedulian yang besar melalui aktivitasnya di Mien R Uno Foundation (MRUF) .Sebuah  Yayasan yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat, terutama generasi muda, di sektor ekonomi. Kurikulum MRUF menjadi cikal bakal dari lahirnya kurikulum OK OCE, yakni 7 TOP, Tahapan OK OCE Prima.

Pada kegiatan tersebut, Mien mengatakan, generasi muda merupakan tenaga luar biasa dalam menggerakkan roda ekonomi bangsa. Dalam  mengembangkan ekosistem kewirausahaan dibutuhkan pembangunan sikap, perilaku, dan cara kerja. Sayangnya, ilmu kewirausahaan baru diajarkan di tingkat menengah, yakni SMA/SMK dengan porsi yang tidak optimal. Begitu pun dengan pendidikan karakter masih sekadar hafalan, tidak diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya, tidak heran jika banyak sekolah melahirkan pribadi cerdas, tapi tidak memiliki kepedulian dan kemuliaan akhlak. Ujungnya adalah maraknya korupsi, penyalahgunaan kekuasaan, kekerasan, ketidakmandirian, konsumtif, tidak bertanggung jawab, dan lainnya.

Dibutuhkan tiga indikator penting untuk mewujudkan ekosistem kewirausahaan, yakni perilaku, sumber daya, dan infrastruktur. Sementara itu, Sandiaga Uno dalam sambutannya menggambarkan bagaimana sosok sang ibu yang ulet, disiplin, dan kolaboratif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.