Gelar Workshop ‘Jualan Online Secara Lokal dan Global’, OK OCE Kemanusiaan Dorong Wirausaha Go Internasional!

Jakarta –¬†Tepat pada Senin (13/3), salah satu penggerak OK OCE yaitu OK OCE Kemanusiaan melakukan kegiatan Workshop dengan tema ‘Jurus Jitu Jualan Online Dari Lokal Sampai Global’

Adapun awal mulanya karena melihat minimnya kesadaran para pelaku usaha untuk lebih melek digital dalam sistem pemasaran.

Kini biasa disebut dengan Digital Marketing, sistem pemasaran terus berkembang tidak hanya melalui offline tetapi juga melalui online.

Peluang yang dimiliki oleh wirausaha asal Indonesia sangatlah tinggi, karena Indonesia memiliki bekal rempah rempah hingga kreativitas SDM yang mumpuni. Perlu dilakukan pelatihan khusus untuk memaksimalkan hal tersebut.

Secara langsung juga OK OCE Kemanusiaan melihatkan kepada masyarakat umum bahwa mereka menjalankan 7 TOP (Tahapan OK OCE Menuju Prima) dalam kegiatannya yaitu Pelatihan kepada masyarakat umum.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum OK OCE Kemanusiaan & Owner EsProStore, Salman Khabibi dan Founder Azzauracraft & Praktisi Marketplace Global, Abdul Rozak.

Selain itu turut dihadiri para peserta yang berlatarbelakang pelaku usaha kuliner, fashion hingga kriya sebanyak 23 orang.

Workshop dilakukan di Ruang Kreatif HR Academy wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Salman Khabibi dalam pembukaan Workshop mengapresiasi HR Academy yang menyediakan tempat kegiatan dan Peserta yang antusias hadir.

“Alhamdulilah kegiatan hari ini berjalan, saya berterimakasih kepada HR Academy yang menyediakan ruangan ini serta para ibu-ibu dan bapak-bapak yang meluangkan waktunya untuk mengikuti Workshop yang insyaallah berguna untuk Wirausaha”, buka Salman.

Abdul Rozak yang memiliki banyak pengalaman dalam Digital Marketing membagikan pengetahuannya untuk para Peserta.

“Dalam memulai usaha kita perlu banyak berbicara dengan orang yang berpengalaman agar mendapat pelajaran berharga”, ucap Rozak.

Rozak juga menambahkan bahwa dalam Digital Marketing sangat berkaitan dengan Demand dan Supply, karena kedua hal tersebut saling berkaitan. Disaat terdapat permintaan tinggi maka stok juga harus menyesuaikan, begitupun sebaliknya.

“Saya menekankan bahwa seluruh jenis usaha offline maupun online yang penting diukur adalah keefektifannya pemasarannya, bukan tentang mahal ataupun murahnya produk”, tegas Rozak.

Salman yang mengisi materi dalam Workshop tersebut juga menambahkan, “Semua marketplace memiliki potensinya masing-masing, tinggal kita sebagai Seller mengumpulkan niat untuk memasarkannya secara maksimal!”

“Untuk beberapa marketplace di Indonesia, saya mempercayai usaha saya di Tokopedia karena memiliki berbagai fitur yang lebih mudah dipahami para customer. Ditambah dengan biaya admin yang minim menjadi keuntungan tersendiri untuk para Seller seperti saya”, jelas Salman.

Ketua OK OCE Kemanusiaan yang juga aktif berjualan tersebut menambahkan bahwa ia berharap para peserta bisa meyakini bahwa produk yang diperjualkan memiliki efek berkepanjangan agar terdapat minat pembeli untuk melakukan transaksi kembali.

Pada akhir kegiatan Workshop para peserta mendapatkan bingkisan dari OK OCE Kemanusiaan berupa Beras Kemanusiaan, yang merupakan Program Unggulan dari OK OCE Kemanusiaan yakni “Gerakan Beras Kemanusiaan” untuk meringankan kebutuhan pangan para peserta yang hadir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *