Iim Rusyamsi Inspirasi Generasi Muda Jadi ‘SocioPreneur’ Hingga Pencipta Lapangan Kerja

Jakarta – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta berkolaborasi dengan OK OCE mengadakan talkshow kewirausahaan bertajuk “Generasi Muda Tangguh: Membangun Kewirausahaan Berdampak Sosial”. Acara ini berlangsung di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, lantai 4, Gedung Rektorat UPNVJ, dengan menghadirkan dua narasumber inspiratif: Iim Rusyamsi, ST., MM, Ketua Umum OK OCE Indonesia, dan Ryan Angkawijaya, Owner Snazy Boom.

Dalam kesempatan tersebut, Iim Rusyamsi membahas pentingnya gerakan penciptaan lapangan kerja, terutama bagi para lulusan perguruan tinggi yang masih banyak menghadapi tantangan pengangguran. “Gerakan kami adalah gerakan penciptaan lapangan kerja. Banyak angkatan kerja yang masih menganggur, dan sebagian adalah pengangguran terdidik. Tidak semua lulusan perguruan tinggi dapat bekerja, lebih dari 1,2 juta pengangguran berasal dari perguruan tinggi.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Dan Daya Saing UMKM Surakarta, OK OCE Gelar Workshop Kewirausahaan Pengembangan UMKM

Ia juga menambahkan tips menjadi sosialpreneur yaitu mencari model bisnis yang memberikan dampak bagi masyarakat sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat. Selain itu visi, misi, rencana, dan anggaran perlu ditetapkan agar sociopreneur tersebut bisa berjalan. 

Saat sesi tanya jawab Talkshow Kewirausahaan OK OCE x UPN Veteran Jakarta, Iim Rusyamsi dan Ryan Angkawijaya berbagi momen yang memutuskan mereka untuk menjadi wirausahawan.

Baca Juga: Bersama OK OCE, Unidayan Sepakat Gelar Pelatihan dan Bimbingan Wirausaha Untuk Mahasiswa

Iim mengungkapkan, “Pada saat muda saya mendengar sebuah kalimat yaitu ‘Jika kalian sarjana janganlah menjadi generasi pencari kerja tetapi menjadi generasi pencipta lapangan kerja’ dari situ saya tertarik untuk memulai usaha terutama di bidang teknologi edukasi dan kewirausahaan.”

Ryan menambahkan, “Saya ingin berkarya tanpa terbatasi, akhirnya saya memutuskan untuk membuat bisnis yang bisa merealisasikan tujuan hidup saya.”


Dengan semangat kolaboratif dan visi bersama, UPNVJ dan OK OCE berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *