Indra Uno di Penutupan Ceria Ramadhan OK OCE : Yuk UMKM, Silaturahmi-Interaksi-Transaksi

Jakarta- Memasuki bulan Ramadhan, gerakan sosial OK OCE mengadakan Bazaar  bagi UMKM hingga peresmian OK OCE Shop di Mall @Bassura, Jakarta Timur yang baru-baru ini diresmikan oleh Sandiaga Uno.

Foto : Indra Uno
Foto : Talkshow

Produk yang ditampilkan di bazaar tersebut selain aneka makanan, fashion dan kosmetik, juga dilangsungkan beberapa seri talkshow tentang kewirausahaan di panggung utama mall. Kegiatan ini dilaksanakan pada 28 Maret-6 April 2022 yang diramaikan oleh Komunitas Penggerak OK OCE.  Sebut saja OK OCE Kemanusiaan, HR Academy, OK OCE Andalan, OK OCE Forever, OK OCE Skies, OK OCE Qalam, Teras UMKM, dan masih banyak lagi.

Dalam sesi penutupan, Indra Uno, Founder OK OCE hadir memberikan motivasi wirausaha bagi komunitas penggerak OK OCE yang hadir. Indra mengatakan bahwa masa pandemi, pebisnis perlu strategi untuk bertahan, bangkit hingga bertumbuh.

Pebisnis harus menekankan pentingnya meningkatkan skill bagi para pelaku UMKM, utamanya dalam hal berbisnis secara virtual selama masa pandemi. Hal itu pula yang menjadi fokus Indra Uno dalam melatih para pelaku UMKM di OK OCE selama 2 tahun terakhir.

“Naikkan omset melalui kanal digital supaya terjadi komunikasi, setelahnya terjadi interaksi yang lebih intens, dari interaksi akhirnya menjadi transaksi, dari transaksi jadi omzet,” tutur Indra Uno.

Indra Uno mengatakan, yang disebut dengan berbisnis digital tak melulu berarti harus memiliki online shop.“Cukup pake Whatsapp saja kita bisa kasih informasi ke calon pelanggan kita. Masuk komunitas, supaya informasi mengenai produk tersebar luas,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Sanjaya, CEO Carikemasandotcom dan Alfhi, CEO Indonesia Sejahtera Group Consulting yang memberikan tips terkait kemasan yang tepat untuk produk UMKM dan perizinan yang kerap kali dilalaikan oleh pebisnis. Sanjaya mengatakan, kemasan bagi produk UMKM penting, jangan sampai kemasan merusak kualitas rasa dari produk tersebut.

Alfhi juga menambahkan, jika nantinya sudah memiliki produk jualan atau usaha, jangan menunggu usaha besar dahulu baru urus perizinan. “ Kami memberikan 1000 Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi UMKM pada kegiatan ini. Kami akan terus damping pelaku usaha demi kemajuan usahanya,” tutup Alfhi.

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Gemala, yang menghangatkan suasana dengan lagunya, yakni Zakat Cinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.