Indra Uno Kasih Tips Tahapan Atasi Pengangguran di Bangka Belitung Bersama OK OCE

Pangkalpinang- Pengangguran kerap menjadi masalah yang belum terselesaikan sampai saat ini. Salah satu alternatif dalam mengatasi hal tersebut dengan menjadi wirausaha. Hal ini yang dikatakan oleh Founder OK OCE, Indra Uno dalam Workshop Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Rabu, 20 April 2022.


Indra mengatakan, tahapan dalam mengatasi pengangguran “Pelatihan dan Pendampingan usaha, karena membuka usaha sama dengan mendatangkan penghasilan, yang nantinya dirinya terhindar dari ancaman pengangguran, serta akhirnya menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri,” ungkapnya.
Membuka usaha mampu memberikan manfaat banyak bagi orang lain, sehingga yang tadinya orang tersebut menanggur dapat menjadi pekerja si pembuka usaha.

Foto : Indra Uno, Founder OK OCE, saat memberikan materi pada peserta, Rabu, 20 April 2022


Mindset wirausaha juga perlu ditanamkan sejak dini. Hal ini yang disampaikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan yang mengatakan, melalui workshop ini dirinya mengharapkan peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan mampu merubah cara berpikir terkait kewirausahaan dan kompetitif dalam mengembangkan usaha.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan keinginan presiden Joko Widodo, dimana setiap program atau kegiatan yang dilakukan harus terkirim secara baik dan tidak hanya sekedar dilaksanakan saja. Hal ini kami upayakan dengan menghadirkan narasumber yang sangat kompeten, sehingga peserta akan mendapatkan lebih banyak dampak yang positif”, ungkapnya.

Menjadi wirausahawan juga nantinya memiliki relasi yang luas dengan mengikuti salah satu komunitas dan memiliki mentor yang baik. Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan gerakan sosial OK OCE. Turut hadir Ketua Umum OK OCE, Iim Rusyamsi yang mengajak para peserta yang hadir dalam workshop tersebut untuk bergabung menjadi anggota melalui https://bit.ly/okocebabel yang nantinya para anggota dapat mengikuti kurikulum OK OCE, 7 TOP (Tahapan OK OCE Menuju Prima). “Pelaku UMKM dapat melalui 7 tahapan, mulai dari Pendaftaran, Pelatihan, Pendampingan, Perizinan, Pemasaran, Pencatatan Keuangan, hingga Akses Permodalan”, ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga OK OCE Indonesia memberikan secara gratis sertifikat Merk atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan aplikasi gratis untuk Point of Sales (POS) bagi pelaku usaha. Iim menambahkan, dengan adanya fasilitas yang diberikan kepada pelaku UMKM akan memudahkan mereka dalam penjualan dan memberikan perlindungan hokum untuk usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.