Jago Bicara Ala Pengusaha Bagi Atlet

Memiliki kemampuan jago berbicara atau yang biasa disebut dengan Public Speaking sangat penting dan bermanfaat bagi para pengusaha maupun atlet. Public speaking sendiri dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang dan juga dapat menumbuhkan skill leadership.

Foto : Indra Uno

Webinar yang diadakan dengan tema “Jago Bicara Ala Pengusaha Bagi Atlet” oleh OK OCE Indonesia, Seeker Revolution dan PRSI turut mengundang Teguh Anantawikrama selaku Wasekjend PRSI, Dr. Indra Uno selaku Founder OK OCE Indonesia, Iim Rusyami selaku Ketua Umum OK OCE Indonesia dan Patricia Yosita Hapsari selaku Atlet Renang Peraih 10 Emas PON 2012-2021 sebagai pembiacara webinar.

Foto : Lidia ( Kiri) dan Yosita (Kanan)

Teguh Anantawikrama menuturkan bahwa “Problem terbesar yang dihadapi Indonesia mengenai public speaking saat ini yang beliau rasakan secara nyata ada dua. Yang pertama, ialah minimnya kemampuan persuasi dan yang kedua ialah banyak dari masyarakat yang kemampuan bahasa asing nya terbatas dan masih berada di tingkat basic”.

Maka dari itu beliau menyarankan masyarakat Indonesia untuk mempelajari lebih lanjut mengenai “Elevator Pitch” dimana masyarakat harus melatih diri agar dapat lebih bisa menyakinkan orang lain dalam penyampaian komunikasi.

Sementara itu, Dr. Indra Uno mengungkapkan bahwa “Great Speakers aren’t born, they are trained” yang artinya adalah “Pembicara hebat itu tidak dilahirkan, tetapi mereka dilatih” . Untuk mendapatkan sebuah keterampilan itu ada dua cara yaitu ada ilmu dan praktek. Untuk mengatasi kecemasan harus memperbanyak latihan-latihan, dengan begitu semua orang bisa Public Speaking.

Foto : Iim Rusyamsi

Dari sisi Atlet renang Indonesia yang bernama Yosita Hapsari mengatakan bahwa, “Seorang Atlet itu penting bisa menguasai public speaking, sebab Di luar kompetisi seorang atlit juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik di depan publik”. Jadi public speaking itu sangat penting dan harus sering dilatihnya supaya bagus public speakingnya.

Foto : Teguh Anantawikrama

Leave a Reply

Your email address will not be published.