Kolaborasi OK OCE dan Jong Digital Preneur Dorong Inovasi AI di Bisnis UMKM

Bekasi – OK OCE Indonesia dan Jong Digital Preneur mengadakan sesi sharing tentang pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam pengembangan bisnis dan produk pada 24 April 2024 di Pelataran Downtown Walk Sumareccon Mall Bekasi. 

Adapun yang bertujuan untuk mengedukasi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mendorong gerakan sosial penciptaan lapangan kerja di masyarakat dengan mengembangkan bisnis. Acara ini menjadi forum penting bagi para pelaku UMKM untuk memahami strategi integrasi AI dalam berbagai aspek bisnis, termasuk pengembangan produk dan promosi.

Baca Juga: Hadiri Forum PBB New York, Sandiaga Ungkap Transformasi Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan

Abdul Hamid Hasan selaku Co-Founder Jong Digital Preneur dan pemateri dalam acara tersebut menyampaikan, “Digital marketing yang sebelumnya dianggap sulit, kini bisa menjadi lebih mudah dengan bantuan AI, terutama dalam pembuatan konten, logo, caption, dan aspek lainnya.” ungkap Hamid

Dalam sesi sharing tersebut turut dihadiri oleh peserta yang berasal dari anggota komunitas OK OCE GAN dan OK OCE Forever, mereka sangat tertarik dengan materi yang disampaikan.

Eko Sugiono, seorang ahli dalam bidang digital marketing, yang juga turut memberikan materi, menyampaikan harapannya, “Dengan adanya AI, diharapkan para pelaku usaha dapat lebih proaktif dalam pembuatan konten, terutama bagi mereka yang bergerak di ranah jualan online.” ujar Eko.

Sorotan utama dalam sesi sharing ini adalah Gemini AI, sebuah platform AI yang sedang tren saat ini. Gemini AI menawarkan berbagai solusi bagi para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), seperti membantu menemukan ide konten, copywriting, dan memberikan jawaban terkait pertanyaan-pertanyaan terkait bisnis.

Baca Juga: Perkuat Niat Santri Ciptakan Bisnis, OK OCE Kemanusiaan Bandung Gelar ‘Berbagi dan Motivasi Entrepreneurship’

Rully Mustaqimah, Direktur Kerjasama Penggerak OK OCE menekankan pentingnya pemahaman AI bagi pelaku UMKM.

“Meskipun AI sedang tren, banyak pelaku UMKM yang belum memahami fungsinya. Melalui acara ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang penggunaan AI dalam bisnis mereka”, ujar Rully.

Kegiatan pun ditutup dengan sesi tanya jawab dan sesi dokumentasi bersama untuk kebutuhan media sosial OK OCE Indonesia.

Kontributor

Nasya Nariyah

Team OkOceNews/ MSIB Batch 6 OK OCE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *