Kunjungan OK OCE ke Reconnect Island Resort: Dorong Pariwisata Berkelanjutan di Pulau Buka Buka

Sulawesi Tengah – Pulau Buka Buka yang merupakan bagian dari kepulauan Togean, menjadi tempat yang dikunjungi OK OCE Indonesia dalam agenda kunjungan Reconnect Island Resort pada Sabtu, 25 Mei 2024. Selain Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE Indonesia, acara ini turut dihadiri oleh Fitri Uno dan Indra dari Dinas Pariwisata Ampana dan juga Thomas, pemilik Reconnect Island Resort.

Reconnect Island Resort, yang didirikan pada tahun 2019 oleh Thomas, seorang warga negara Prancis, dan istrinya Elvidellci, warga negara Indonesia, kini menjadi destinasi unggulan bagi para wisatawan yang mencari pengalaman pulau yang otentik dan jauh dari keramaian. 

“Inspirasi untuk menciptakan tempat ini datang dari keinginan untuk membangun Resort yang berkelanjutan dan ramah lingkungan,” kata Thomas.

Baca Juga: Ini 2 Hambatan Mental Dalam Berbisnis Ala Sekjen OK OCE!

Ia juga mengatakan bahwa menggunakan energi matahari dan air hujan untuk memenuhi kebutuhan Reconnect Island Resort, dengan persentase 95% listrik di pulau ini berasal dari tenaga surya. 

Komitmen Thomas terhadap keberlanjutan dan tanggung jawab sosial tidak hanya terbatas pada aspek lingkungan. Sama seperti OK OCE Indonesia, Reconnect Island Resort juga berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat setempat dengan membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar. Saat ini, Resort tersebut mempekerjakan 14 orang karyawan lokal.

HOTEL RECONNECT - PRIVATE ISLAND RESORT - BUKA BUKA ISLAND AMPANA 3*  (Indonesia) - dari IDR 1396825 | HOTELMIX

Pulau Buka Buka juga diakui sebagai salah satu dari 100 desa wisata, memperkuat posisinya sebagai tujuan wisata yang penting di Indonesia.

Kunjungan ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi pariwisata berkelanjutan di Pulau Buka Buka dan mempererat kerja sama antara berbagai pihak yang terlibat dalam pengembangan pariwisata lokal.

Baca Juga: Bazar Sembako OK OCE Kemanusiaan:Solusi Atasi Harga Beras Mahal Bagi Warga Jakarta Timur

Thomas menyampaikan harapannya bahwa kunjungan ini akan membuka lebih banyak peluang untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pariwisata berkelanjutan dan mempromosikan Reconnect Island Resort sebagai contoh sukses dari inisiatif ini.

OK OCE Indonesia terus memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan oleh Reconnect Island Resort dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memberdayakan masyarakat setempat. 

Kunjungan ini juga menandai langkah penting dalam upaya bersama untuk menciptakan pariwisata yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia. Dengan kerjasama dan komitmen dari berbagai pihak, diharapkan Pulau Buka Buka dan Reconnect Island Resort dapat terus berkembang menjadi destinasi yang diminati oleh wisatawan domestik dan internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *