Nyata, OK OCE Bersama Masjid Jogokariyan Bantu UMKM!

Yogyakarta – Banyak upaya yang dilakukan dalam menanggulangi Covid-19. Mencegah virus hingga pemulihan ekonomi.

Pada 2021 lalu, Masjid Jogokariyan menggelar Pasar Rakyat Jogokariyan untuk kembali menghidupkan 60 UMKM yang masuk dalam binaannya. Dalam hal ini, OK OCE melalui OK OCE Kemanusiaan berpartisipasi dalam memberikan bantuan untuk modal usaha bagi UMKM dampingan Masjid Jogokariyan melalui dana hibah.

Semakin nyata, kini Kolaborasi OK OCE bersama DKM Masjid Jogokariyan Bidang Ekonomi diwujudkan dengan menandatangani MOU kerjasama dalam membantu pelaku UMKM, Selasa, 12 April 2022, Yogyakarta.

Foto : Foto bersama dengan Rizal (Baju hitam) salah satu penerima manfaat modal usaha dari OK OCE Kemanusiaan

Sampai saat ini, sudah banyak pelaku usaha yang merasakan manfaat dari modal usaha tersebut. Seperti yang dirasakan oleh Rizal, salah satu yang mendapatkan modal usaha untuk memperbaiki lokasi usaha sehingga saat ini menjadi lebih nyaman.

Hadir juga Ela, penjual sosis bakar. Ela yang menjual sosis bakar menggunakan bantuan modal usaha untuk membuat gerobak yang saat ini dipakai untuk berjualan. “Alhamdulillah penjualan mengalami peningkatan khususnya di Bulan Ramadhan,” ungkapnya.

Banyaknya kegiatan yang berjalan di masjid Jogokariyan inilah yang membuat masjid ini tak pernah sepi. Tidak hanya itu, masjid ini juga memiliki klinik, divisi yang khusus melayani masyarakat, hingga kotak infaq bagi masyarakat.

Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE, mendukung kerjasama antara OK OCE dengan DKM Masjid Jogokariyan. ” Langkah nyata dilaksanakan. Semoga bantuan yang diberikan oleh OK OCE melalui OK OCE Kemanusiaan mampu membangkitkan kembali pelaku usaha disini,” ungkapnya.

Foto : Foto bersama dengan Ela, salah satu penerima manfaat dari bantuan OK OCE Kemanusiaan melalui Masjid Jogokariyan

Melalui bantuan yang diberikan oleh OK OCE Kemanusiaan, diharapkan para pelaku usaha khususnya UMKM di Yogyakarta bangkit dan bertumbuh dalam usahanya.

Sementara itu, Masjid Jogokariyan kembali mengadakan buka puasa bersama menggunakan cara piringan. Sebanyak 2500 piring disiapkan oleh Masjid Jogokariyan untuk jamaah setiap harinya. Ketua Umum OK OCE juga terpantau menghidangkan piringan untuk masyarakat yang akan buka puasa di Masjid Jogokariyan.

Buka puasa bersama menggunakan cara piringan, Masjid ini juga menggelar Kampung Ramadhan Jogokariyan. Setiap sore menjelang buka puasa, Kampung Ramadhan Jogokariyan menjadi pusat pembagian dan penjualan takjil.

Tidak hanya itu, banyak pelaku usaha yang berjualan dalam Kampung Ramadhan tersebut. Hal ini membuat pelaku usaha dapat memasarkan produknya secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.