OK OCE Apresiasi MASWIRA.COM Untuk UMKM GO Digital!

Ketua Umum Maswira, Alliza Fitriany, mengatakan “UMKM gunakan 100% waktunya untuk kualitas produk dan produksi sedangkan pemasaran serahkan pada Influencer untuk optimasi di social media,” ungkapnya dalam Acara Silaturahmi dan Buka Bersama Soft Opening Maswira.com, di Kedai Joglo Kawruh, Sanggrahan Berbah, Sleman, Kamis, 14 April 2022. Acara juga dihadiri oleh Pembina, Bunda Bray Iriana Pramastuti.

YOGYAKARTA – Pendampingan bagi pelaku usaha harus terus dilakukan selama bisnis dari dampingan masih terus bergulir. Meski muncul saat kampanye Pemilihan Presiden 2019, Para emak-emak bertransformasi menjadi Maswira. Maswira (Masyarakat Wirausaha) kini baru saja meluncurkan marketplace mereka, yakni Maswira.com. Dengan adanya peluncuran ini diharapkan penjualan secara online bagi pelaku UMKM meningkat, sehingga bukan hanya penjualannya saja yang naik tapi juga UMKM tersebut naik kelas.

Program Maswira UMKM go Digital ini membawa warna baru bagi para anggota Maswira khususnya dan juga seluruh para pelaku umkm Indonesia pada umumnya. Hal ini disambut baik oleh Ketua Umum OK OCE, Iim Rusyamsi yang juga hadir dalam kegiatan tersebut. “Saya apresiasi sekali dengan hadirnya Maswira.com, menurut saya sudah seharusnya beberapa komunitas UMKM memiliki platform sendiri seperti Maswira.com”, ungkap Iim.
Dengan memiliki platform sendiri diharapkan ada kebersamaan, loyalitas, saling bela- beli produk UMKM . Untuk itu Maswira bisa bekerja sama dengan OK OCE di beberapa sektor, salah satunya adalah bidang pelatihan. “Kalau ada informasi dari pemerintah dan OK OCE terkait program untuk UMKM akan kami sampaikan ke Maswira,”tambah Iim.

Sementara itu Tim Digital Marketing Strategy Maswira, Edi Budiyanto mengatakan, “ Maswira.com ini berbeda dengan marketplace lainnya karena melibatkan pemuda yang diajari digital marketing dan menjadi influencer. Sehingga teman-teman bisa bergabung di Maswira.com baik sebagai seller maupun influencer,”ungkapnya.

Dengan demikian, kata Edi menambahkan, keduanya (UMKM dan pemuda) bisa bersinergi antara satu dengan yang yang lain. Sehingga pelaku UMKM bisa fokus untuk membuat produk dan meningkatkan kualitas nya sedangkan Pemasaran serta creative konten serahkan para Generasi muda.

Maswira.com ini akan menonjolkan sisi lain dibandingkan marketplace lainnya yakni akan berdampak sosial karena menonjolkan sisi lain yakni pemuda yang terlibat di dalamnya. Para pemuda ini bisa dari perkumpulan karangtaruna, remaja, pondok pesantren bahkan komunitas.

Sementara itu penasehat Maswira mengharapkan anggota Maswira di seluruh DIY mencapai lebih dari 500 UMKM. Jika UMKM ingin naik kelas, maka diharapkan melakukan penjualan tidak hanya secara offline melainkan juga secara online . Apalagi di era digital saat ini. Hal ini terbukti dari anggota Maswira yang melakukan penjualan secara online omsetnya meningkat cukup signifikan tetapi juga harus aktif setiap hari. Sehingga dengan adanya maswira.com produk UMKM anggota Maswira akan semakin dikenal luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.