OK OCE Indonesia Kunjungi ‘Togean Natural’ di Pulau Togean, UMKM Pemberdaya Perempuan Lokal

Pulau Togean – Dalam rangkaian kegiatan di Sulawesi Tengah, OK OCE Indonesia mengunjungi Pulau Togean yang berada di Kabupaten Tojo Una-Una pada hari Sabtu (25 Mei 2024). Kegiatan kali ini melihat UMKM Sabun Natural miliki masyarakat lokal, bernama ‘Togean Naturale’  by Sea Gypsies Women in Remote Village yang membangun usahanya untuk pemberdayaan perempuan di Pulau Togean hingga berhasil Ekspor ke Pasar Eropa dan Amerika.

Azizah, Pengelola Sabun Togean Naturale mengatakan, “Usaha ini dibentuk saat Pandemi COVID-19 yang menurunkan perekonomian warga Pulau Togean, maka dari itu kita mengajak perempuan lokal untuk membangun bisnis bersama sehingga mereka tidak bergantung pada hasil laut maupun pekerjaan serabutan.”

Baca Juga: Sambangi Pulau Buka Buka Sulteng, Ketum OK OCE Indonesia : ‘Layanan Internet Starlink Sangat Membantu’

Tujuan mulia tersebut direspon positif oleh Ketua Umum OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi, “Luar biasa, walaupun Pulau Togean ini terpencil namun warganya memiliki semangat kewirausahaan yang besar. Sangat patut di contoh untuk warga Pulau Terpencil lainnya di Indonesia.”

Iim yang didampingi oleh Indra (Dinas Pariwisata AmpanA, Fitri Uno (Founder Elmoura) dan Dr. Sherly (CEO Elmoura) secara langsung melihat produk Togean Natural. 


Sabun Togean Naturale menciptakan produk yang ramah lingkungan dengan bahan baku seperti minyak kelapa, minyak nilam, air hujan, dan sabun batangan alami. Dengan menggunakan metode tradisional dan pabrik bertenaga surya yang sepenuhnya berkelanjutan untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Baca Juga: Ini 2 Hambatan Mental Dalam Berbisnis Ala Sekjen OK OCE!

Azizah menjelaskan, “Produk Togean Naturale sudah menyentuh pasar Internasional, terutama untuk produk Sabun. Per bulan Maret 2024, produk kita sudah pernah ke Amazon, Kanada, Malaysia hingga Swiss.”

Adapun produk Sabun dari Togean Naturale yang sudah di Ekspor menyentuh 1.500 batang setiap bulannya, yang menjadi khas dari produk ini adalah bahan Minyak Kelapa yang unik.

Kegiatan kunjungan OK OCE Indonesia ditutup dengan harapan besar untuk Togean Naturale untuk terus mengembangkan usaha hingga bisa mensejahterakan masyarakat lokal hingga diluar Pulau Togean. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *