Pelatihan Pengembangan Produk Lidi Nipah Disperindag Bangka Belitung Bersama OK OCE Indonesia

Bangka Belitung – Tanaman nipah jadi salah satu potensi kekayaan alam Bangka Belitung yang kini semakin dikembangkan. Tidak hanya buahnya, daun hingga lidi dari tanaman nipah ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Potensi produk nipah kini sudah masuk ke pasar internasional. Peluang ini menjadikan pemanfaatan nipah dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.  Karenanya, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi  terus berupaya menggiring  kreativitas kerajinan lidi dan daun nipah memiliki nilai tambah sehingga dapat memasuki pasar internasional. Dirinya berharap hal tersebut memotivasi pengrajin nipah di Bangka Belitung.

Pada April 2021, Melati Erzaldi  mencanangkan Deskranasda Craft  menjadi sentra kerajinan lidi nipah karena mampu mengembangkan sentra kerajinan untuk masyarakat dengan sangat pesat. Peningkatan jumlah pesanan lidi nipah tersebut, membuktikan produk daerah memiliki kualitas yang baik dan inovasi dan mampu bersaing di tingkat dunia.

Lidi nipah merupakan produk samping pohon nipah atau Nypa fruticans. Pohon nipah adalah sejenis palem yang hidup di lingkungan hutan bakau atau di sekitar daerah pasang surut dekat tepi laut.

Salah satu upaya dalam mengembangkan produk ini perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan, hingga diadakan Bimtek Pengembangan Produk Lidi Nipah di Kepulauan Bangka Tengah, 21 September 2021.

Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE, hadir pada kegiatan ini memberikan pendampingan demi terwujudnya lapangan kerja baru.

 “ Saya bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung membuka acara dan memberi semangat kepada para pengrajin indusri kecil yang mengikuti Bimtek Pengembangan Produk Lidi Nipah, potensi Lidi Nipah yang sudah diekspor bahan bakunya ini sangat besar. Warga dilatih untuk membuat produk jadi yang mempunyai nilai tambah sehingga bisa mengekspor dalam bentuk barang kreatif dan penuh manfaat, “ ungkap Iim.

Iim juga berharap semoga dengan adanya bimtek yang diberikan oleh para instruktur Lembaga IKM Matahari ini semoga dapat memberikan keterampilan baru buat masyarakat sehingga Lapangan Kerja semakin tercipta melalui kewirausahaan dan OK OCE melakukan pendampingannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.