Penandatanganan Kerja Sama OK OCE Indonesia dengan ESMEA: Tingkatkan Pendampingan Wirausaha di Eropa

Jakarta – OK OCE Indonesia dan ESMEA telah melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) tentang pendampingan kewirausahaan di wilayah Eropa. Proses penandatanganan tersebut dilaksanakan pada Minggu, 26 November 2023 di Mercure Ancol, Jakarta.

“Alhamdulilah hari ini kita menandatangani kerja sama dengan ESMEA Indonesia, yang mana harapannya nanti pelaku-pelaku usaha yang bersinergi bersama OK OCE naik kelas merambah ke kancah internasional”, buka Ketua Umum OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi, di Mercure Ancol, Jakarta Utara (26/11).

Baca Juga: Ciptakan Lapangan Kerja Berkelanjutan: OK OCE, Madinah Group Indonesia, dan TODA Water Terus Berintegrasi

ESMEA sendiri merupakan organisasi platform pembantu bisnis UMKM di Eropa. Melalui kerja sama ini, pelaku UMKM akan diberikan program pendampingan berupa bimbingan dan saran dari para ahli bisnis yang berpengalaman. Pendampingan ini membantu UMKM dalam mengatasi tantangan yang mereka hadapi, memperbaiki proses bisnis, dan mengoptimalkan potensi pertumbuhan mereka.

Adapun program unggulan yang dimiliki ESMEA di antaranya adalah ‘Business Tour Programmes’ (BTP), ‘Business Promotion Events’ (BPE) dan berbagai Business Matchmaking.

Lebih lanjut, President ESMEA Indonesia, Herina Suryani Stedtfeld mengungkapkan bahwa wirausaha di Eropa pun memiliki andil yang besar dalam perekonomian. “Tidak hanya di Indonesia, Wirausaha di Eropa juga memiliki andil besar dalam memperkuat ekonomi masyarakat sebesar 99,8%,” ungkapnya.

Baca Juga: Potensi Cuan, OK OCE Bersama OK OCE Gan Berikan Pelatihan Pembuatan Bunga Bucket

Setelah bekerja sama dengan ESMEA, diharapkan OK OCE mampu memberikan pendampingan untuk meningkatkan keterampilan dan kapabilitas UMKM agar dapat bersaing secara efektif dalam pasar yang semakin kompetitif.

“Terima kasih OK OCE atas ‘Ceremony’ kerja sama MoU ini, kami ESMEA (European Small Medium Enterprise Association) memiliki visi yang sama dengan OK OCE, yaitu Pendampingan kepada Wirausaha di wilayah Eropa,” tutup Herina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *