Penandatanganan Kerjasama OK OCE Bersama KADIN Jawa Barat

OK OCE Bersama KADIN Jawa Barat Fokus Pada UMKM Untuk Bangkit Kala Pandemi

Penandatanganan Kerjasama OK OCE bersama KADIN Jawa Barat, Kamis, 10 Juni 2021, Bandung.

Bandung- Permasalahan yang kerap kali ditemui pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) selain permodalan juga promosi. Di masa pandemi Covid-19, tantangan dalam mempromosikan produk UMKM semakin meningkat. Dalam membantu para pelaku usaha dalam akses permodalan hingga go digitalisasi, Gerakan sosial OK OCE Indonesia menandatangani kerjasama dengan KADIN Jawa Barat, Kamis, 10 Juni 2021, Bandung.

Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE, mengatakan, kerjasama ini merupakan wujud nyata OK OCE bersama KADIN Jawa Barat untuk membantu pelaku usaha UMKM. ” Di OK OCE, pelaku usaha harus melalui 7 TOP atau Tahapan OK OCE Menuju Prima. Dalam tahapan ini, permasalahan yang kerap ditemui akan kami berikan pelatihan dan didampingi. Karena itulah roh dari OK OCE, ” ungkap Iim.

OK OCE bersama KADIN Jawa Barat dalam Kamis Manis Ngobrol Bisnis, Bandung, 10 Juni 2021

Selain itu, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang UMKM, Teguh Anantawikrama mengatakan, bahwa Indonesia dapat kembali bangkit melalui UMKM. Ada sebanyak 80 juta pelaku UMKM yang terdata di Indonesia yang secara murni memberikan efek pada kebangkitan perekonomian.

Menurutnya, permasalahan yang seringkali ditemui oleh para pelaku UMKM, ialah masalah permodalan, pemasaran, dan digitalisasi. Sehingga, Kadin di situasi pandemi ini akan fokus menyelamatkan dahulu para usaha pelaku UMKM dan kemudian membesarkannya. 

Tak lupa Teguh pun menyampaikan apresiasi kepada Kadin Jawa Barat yang telah membuat acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis seperti ini yang didalamnya memberikan pengetahuan kepada para UMKM terkait permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi oleh para UMKM. “Semoga acara-acara seperti ini dapat ditingkatkan, sehingga UMKM semakin melejit”, Ucap Teguh.

Pada acara kali ini dihadiri oleh 40 perwakilan UMKM binaan Kadin Kota Bandung. Acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis ini sudah diadakan sebanyak 81 kali secara rutin seperti yang disampaikan oleh Iwa Gartiwa, M.M. selaku Ketua Kadin Kota Bandung dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis ini sudah berjalan sebanyak 81 kali dalam 40 minggu, dalam masa pandemi seperti ini banyak sekali para UMKM yang turun drastis, dengan adanya acara seperti ini tentunya kita berharap bahwa Kadin Kota Bandung dapat memberikan fasilitas dan jalan bagi para UMKM ini dengan membangkitkan kembali semangat para UMKM dengan memberikan tambahan ilmu pengetahuan mengenai strategi-strategi bisnis dalam masa pandemi seperti ini. semoga kedepannya UMKM akan semakin meningkat dan maju”, tutur Iwa, Ketua Kadin Kota Bandung.

Acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis ini pun mendapat apresiasi dari Ketua Umum Kadin Jawa Barat Drs.H. Cucu Sutara sepeti yang disampaikannya dalam sambutan bahwa

“Acara seperti Kamis Manis Ngobrol Bisnis yang dilaksanakan oleh Kadin Kota Bandung ini tentunya harus kita apresiasi, umkm yang mempunyai masalah-masalah klasik terutama dalam masa pandemi ini harus bisa memanfaatkan kesempatan-kesempatan seperti mengkuti acara-acara seperti ini dengan baik dan diharapkan dalam kegiatan seperti ini para UMKM menemukan solusi terbaik untuk setiap permasalahan yang dihadapi. Semoga UMKM semakin bangkit dan melejit dan kita akan jadikan KADIN sebagai pusat bisnis UMKM”,Ujar Cucu Ketua KADIN Provinsi Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.