Peresmian OK OCE Ekspor

Jakarta – Berdasarkan data dari Kementrian Koperasi dan UKM, jumlah ekspor nasional meningkat pada triwulan III 2021 dengan nilai ekspor naik 22,71% dibanding triwulan III 2020 sebesar 17,24%. Namun demikian, dari jumlah tersebut jumlah ekspor UMKM masih 15,65%, masih jauh dibanding beberapa negara lainnya, seperti Singapura 41%, Thailand 29%, atau Tiongkok mencapai 60%. “Target kontribusi ekspor UMKM DIharapkan meningkat menjadi 17% di 2024.

Yayasan Rumah Insani 37 yang meresmikan namanya menjadi OK OCE Ekspor, salah satu komunitas penggerak OK OCE terus melakukan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM untuk ekspor dalam membantu pemulihan ekonomi bangsa.

Sandiaga Uno, Menparekraf RI yang juga merupakan Founder OK OCE mengatakan “Bahwa saat ini kontribusi UMKM baru 15,17 % dalam ekspor Indonesia, semoga meningkat dengan berbagai upaya yang dilakukan. Kami terus mendorong UMKM Lokal agar mampu menembus pasar global, sehingga lapangan kerja semakin banyak tercipta dan ekonomi pulih serta bangkit”, ungkapnya dalam peresmian OK OCE Ekspor secara daring, 18 Februari 2022.

Sementara itu, Hendratmoko, Ketua OK OCE Ekspor mengatakan,  “Alhamdulilah, telah dilaksanakan Pengukuhan OK OCE Ekspor 12 Provinsi dan 32 Kabupaten/Kota se-Indonesia, selain melakukan pengukuhan dan memberi arahan, Pak Sandi juga memberikan semangat kepada seluruh Pengurus untuk terus meraih pasar ekspor. Terdapat peluang ekspor besar pelaku usaha Indonesia untuk melakukan ekspor,” ungkapnya.

Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE yang juga memberikan sambutan menyampaikan apresiasinya terhadap OK OCE Ekspor yang kerap rutin memberikan pelatihan dan pendampingan sejak 2018 kepada pelaku usaha yang ingin ekspor ke luar negeri.

Dalam kegiatan tersebut hadir Ricky Rizky, Founder & CEO at RayspeedAsia, Anbiya Akbar, FPS, Taufik Ardi-TokoIG. Turut hadir mitra OK OCE Ekspor  di Singapura, Marianah dan Seno, diaspora di Singapura.

Dalam momen juga hadir kisah sukses dua pelaku usaha yang produknya telah diekspor, yakni Irma dari Majalengka dan Desiana Sari dari Tanjung Pinang yang berhasil melakukan ekspor setelah mengikuti pendampingan bersama OK OCE Ekspor.

Diharapkan dengan melalui OK OCE Ekspor  dengan tagline #eksporitumudah dan pengurus yang dikukuhkan, menjadi penggerak ekspor di masing-masing daerah, dan ikut berkontribusi dalam memulihkan ekonomi negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.