Sandiaga : OK OCE Bisa Menjadi ‘Economic Change’, Bawa Indonesia Emas 2045

Jakarta – OK OCE Indonesia telah mencapai usia ke-7 tahun, dalam perjalanannya telah menjalanan berbagai Program Unggulan sebagai bentuk konsistensi penciptaan lapangan kerja melalui pendampingan Kewirausahaan.

Sandiaga menyatakan OK OCE berhasil menciptakan pencapaian yang luar biasa disaat usia ke-7 tahun.”Dengan pencapaian 1,6 juta lapangan kerja baru, 700.000 anggota, hampir 400 komunitas dan mitra kerjasama tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa,” ujar Sandiaga, di Naraya Hotel, Jakarta Timur pada Rabu (20/12/23)

Selain mengapresiasi, Sandiaga juga membagikan Kriteria Penting yang harus dimiliki UMKM untuk bisa Scale-Up, “5 Kriteria Penting tersebut diantaranya Inovatif, Berani Mengambil Risiko, Menjaga Relasi, Mengasah Soft-Skill dan Menjalankan 4 AS.”

Baca Juga: ‘Cooking Class Peyek Kacang dan Rebon’ OK OCE Qalam Lampung, Pertahankan Makanan Tradisional dan Penciptaan Inovasi Wirausaha

Sandiaga yang juga menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut juga berharap anggota komunitas OK OCE bisa menjadi ‘Economic Change’ yang membawa Indonesia Emas 2045. Hal ini disambut baik oleh Ketua Umum OK OCE , Iim Rusyamsi yang siap terus bergerak dalam memajukan ekonomi Indonesia melalui kewirausahaan.

“OK OCE berhasil menyerap lapangan kerja hingga 1.6 Juta. Hal ini bisa menjadi Economic Change seperti apa yang dikatakan Mas Menteri”, ungkapnya.

Sementara itu, Dewan Pembina OK OCE, Indra Uno yang juga hadir memberikan pernyataan akan lebih memberdayakan Komunitas Penggerak OK OCE.

“Di usia 7 tahun OK OCE ini, kedepannya OK OCE ingin memberikan porsi yang lebih besar ke Komunitas Penggerak OK OCE dengan memberdayakan potensi Komunitas di dalam Program OK OCE,”

Baca Juga: Yayasan OK OCE Kemanusiaan Terpilih Sebagai Pilar Utama Gerakan Kemanusiaan dalam Rakernas MPZ Dompet Dhuafa 2023

Adapun tujuan besarnya adalah menjadikan Komunitas Penggerak bisa lebih besar dari OK OCE Indonesia, karena Komunitas Penggerak yang memiliki lebih banyak peran untuk UMKM.

“Walaupun bisa dinilai usia 7 tahun merupakan umur ‘anak-anak masuk sekolah’, namun juga menjadi alarm untuk teman-teman komunitas pengambil peran 7 TOP terhadap wirausaha”, tegas Indra Uno.

Selain perayaan HUT OK OCE Indonesia juga terdapat puncak program Brand Lokal OK, Master Mentor dan OK OCE Youth Bussiness Competition.

Acara juga diramaikan oleh Mardigu Wowiek yang membagikan ‘Tips Jadi Konglomerat dan Berjualan Ala Pebisnis’.

Salah satu pelaku usaha dari jaringan komunitas penggerak OK OCE mengaku mendapatkan ilmu baru.

“Dari beberapa tips yang dibagikan oleh pak Mardigu, saya banyak mendapatkan ilmu baru yang bisa saya terapkan dalam Bisnis. Mulai dari pentingnya memiliki Ekosistem Bisnis seperti Produk, Komunitas dan Event”, ucap Fauria, Ketua Umum OK OCE Perwira.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *