Sandiaga Resmikan Baja Ringan Treco dan OK OCE Truss, Lapangan Kerja Baru Industri Baja Ringan!

JAKARTA – Kebut pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) demi kebangkitkan ekonomi, Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan pabrik baja ringan Treco Truss dan OKEOCE Truss secara virtual pada Rabu (9/2/2022).

Pabrik yang berlokasi Kota Pariaman, Sumatera Barat itu diharapkan dapat mendukung pengembangan desa-desa wisata yang kini tengah dikebut pihaknya.

Sehingga peuang usaha tercipta, lapangan kerja seluas-luasnya pun terbuka bagi masyarakat.

“Banyak yang bertanya kepada saya bagaimana sektor parekraf bisa bangkit dan berkembang? bagaimana kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja?,” ungkap Sandiaga Uno dalam sambutannya pada Rabu (9/2/2022).

“Apa yang sudah dilakukan oleh teman-teman dengan membuka pabrik baja ringan untuk membangun suatu ekosistem rantai pasok parekraf ini perlu kita apresiasi,” tambahnya.

Diakuinya, seluruh pihak kini tengah berjuang melawan covid-19 yang berdampak besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Namun, semangat dan optimisme atas pemulihan sektor parekraf ditekankannya harus terus dipupuk.

“Peresmian pabrik baja Treco Truss ini menjadi salah satu kabar gembira yang mampu menyebarkan optimisme bagi para usahawan lainnya agar bangkit menghadapi pandemi,” ungkap Sandiaga Uno.

“Saya mengapresiasi Treco Truss sebagai bentuk kontribusi dan kolaborasi dalam mengembangkan bakat untuk kebaikan bersama,” ujarnya.

Dirinya melihat kewirausahaan ini terus bertumbuh secara inklusif bersama masyarakat, khususnya masyarakat Sumatera Barat.

Aplikasi Baja Ringan Treco Truss diharapkan dapat mendukung sektor parekraf, khususnya pada pembangunan infrastruktur parekraf seperti pondok wisata, restauran, gedung-gedung seni pertunjukan dan creative hub.

Terlebih, produk baja ringan yang telah digalvanisasi memiliki reputasi ketahanan yang luar biasa, bahkan hingga mencapai 250 tahun, tahan air dan berisiko rendah dari debu dan polusi.

Beragam ide inovatif yang telah dirancang dan diimplementasikan diharapkannya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperluas kesempatan kerja.

Dalam kegiatan ini diawali dengan memberikan pelatihan gratis pemasangan rangka atap dan atap baja ringan kepada 50 aplikator yang diadakan di Pabrik Baja Ringan OK OCE Truss. CEO OK OCE Truss, Harpen Agus Bulyandi, mengatakan langkah ini merupakan bukti konkret dalam menciptakan lapangan kerja untuk membantu pemulihan ekonomi. “Rencananya target kami hingga 2000 aplikator, Pak Menteri”, ungkapnya.


Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE, mengapresiasi dengan diadakannya kegiatan ini. Pasalnya pelatihan yang diberikan kepada aplikator baja adalah salah satu kurikulum OK OCE , Tahap Pelatihan dan Pendampingan. “ OK OCE memiliki 7 TOP, Tahapan OK OCE Prima, yang elemen pelatihan dan pendampingannya akan terus dilaksanakan selama bisnis itu ada,”.

Dalam kegiatan ini juga hadir Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy, Walikota Pariaman, Genius Umar, serta Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.