Sandiaga Uno Ajak Bangka Belitung Ciptakan Lapangan Kerja Bersama OK OCE

Pangkalpinang- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga Founder OK OCE, Sandiaga Uno mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran di Bangka Belitung melalui pelaku usaha Mikro , Kecil, dan Menengah ( UMKM).
“Mari kita menghargai, bangga dan membeli produk dalam negeri sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri workshop Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru di Pangkalpinang, Rabu, 21 April 2022.

Foto : Sandiaga Uno, Menparekraf RI, Founder OK OCE saat memberikan sambutan dalam kegiatan, Rabu, 20 April 2022

Menurut Sandi, semakin bertumbuhnya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) penting karena akan mengurangi jumlah pengangguran dan menciptakan lapangan kerja. Oleh karena itu, untuk mendorong tumbuh kembang pelaku UMKM perlu didukung dengan menggelorakan semangat menghargai, bangga dan membeli produk UMKM dalam negeri.

“Di Indonesia terdapat sekitar 30 juta UMKM yang kita sarankan agar menjual produknya melalui marketplace, di mana saat ini kita sudah memasuki era ekonomi digital,” katanya. Dari sekian banyak masyarakat Indonesia, yang bangga menggunakan produk dalam negeri baru sekitar 20 persen dan melalui gerakan bangga buatan Indonesia, pemerintah mendorong mendorong pertumbuhan hingga 40 persen. “Di Babel, jika semua pembelian produk barang dan jasa kita gunakan produk dalam negeri, maka target itu bisa tercapai,” ujarnya.

Hal ini juga didukung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, yang mengatakan, bahwa melalui workshop ini dirinya mengharapkan peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan mampu merubah cara berpikir terkait kewirausahaan dan kompetitif dalam mengembangkan usaha.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan keinginan presiden Joko Widodo, dimana setiap program atau kegiatan yang dilakukan harus terkirim secara baik dan tidak hanya sekedar dilaksanakan saja. Hal ini kami upayakan dengan menghadirkan narasumber yang sangat kompeten, sehingga peserta akan mendapatkan lebih banyak dampak yang positif”, ungkapnya.

Semakin meningkatkan pengetahuan dan merubah mindset untuk kewirausahaan misalnya dengan berkolaborasi dengan memang yang ahlinya. Salah satu implementasi akan hal tersebut, Kepulauan Bangka Belitung berkolaborasi dengan gerakan sosial OK OCE yang memang focus dalam menciptakan lapangan kerja berbasis wirausaha dalam membantu pemulihan ekonomi nasional.

Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE mengajak para peserta yang hadir dalam workshop tersebut untuk bergabung menjadi anggota melalui https://bit.ly/okocebabel yang nantinya para anggota dapat mengikuti kurikulum OK OCE, 7 TOP (Tahapan OK OCE Menuju Prima). “Pelaku UMKM dapat melalui 7 tahapan, mulai dari Pendaftaran, Pelatihan, Pendampingan, Perizinan, Pemasaran, Pencatatan Keuangan, hingga Akses Permodalan”, ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga OK OCE Indonesia memberikan secara gratis sertifikat Merk atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan aplikasi gratis untuk Point of Sales (POS) bagi pelaku usaha. Iim menambahkan, dengan adanya fasilitas yang diberikan kepada pelaku UMKM akan memudahkan mereka dalam penjualan dan memberikan perlindungan hukum untuk usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.