Tingkatkan Pelayanan UMKM, OK OCE Gelar Pelatihan ‘Mengenal Karakter Pelanggan dan Solusinya’

Jakarta – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan, UMKM kini semakin memahami pentingnya mengenali karakteristik dan kebutuhan individu.

Melihat hal tersebut, OK OCE Indonesia menggelar ‘Best Practice Character : Pentingnya Mengenal Karakter Pelanggan UMKM dan Solusi Menghadapinya’ pada hari Kamis (19/1/24).

Pelatihan yang digelar di Kantor OK OCE Kemanusiaan Tebet tersebut diisi oleh Pemateri, Munawar Aziz selaku Master Trainer dan Manager Program OK OCE.

Baca Juga: Bantu Akses Pasar, UMKM OK OCE Hadir Di Bazar Penguin Seliweran Bersama Founder OK OCE

Aziz yang berpengalaman dalam Komunikasi, Kewirausahaan dan Hubungan Antar Individu turut memberikan pengalaman dan ilmunya kepada para peserta yang berasal dari Anggota Komunitas Penggerak OK OCE.

Ia mengibaratkan bahwa dalam menjalankan usaha UMKM perlu banyak belajar dari ‘Dinosaurus’.

“Dalam menjalankan usaha, kita perlu melihat Dinosaurus yang punah karena tidak bisa beradaptasi dengan Zaman. Begitu pula dengan usaha kita yang harus bisa cepat Beradaptasi menyesuaikan Pasar”, buka Aziz.

Baca Juga: Komunitas Penggerak OK OCE, WCT Gelar Pelatihan Bagi UMKM Capai Resolusi di 2024

Manager Program OK OCE tersebut juga menyebutkan terdapat tahap awal sebelum mulai mempelajari Karakter Pelanggan UMKM.

“Sebelum kita memahami karakter pelanggan, kita sebagai pelaku usaha perlu memahami karakter diri sendiri. Tujuannya adalah untuk bisa menjadi cerminan kepada Pelanggan kita”, ujar Aziz.

Dengan mempelajari karakter diri sendiri, bisa menjadikan gambaran untuk UMKM melihat peran otak bagian mana yang paling besar. Otak kanan dan otak kiri memiliki fungsi yang berbeda, maka dari itu juga bisa menciptakan perilaku dan karakter yang berbeda dalam melakukan tindakan dalam berwirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *