Ustad Dzulkarnain Sunusi: Ini 5 Nilai Ibadah Jika Diaplikasikan Dalam Bisnis!

Jakarta – Suasana Buka Puasa Bersama OK OCE Indonesia disambut hangat dan semangat oleh peserta. Hadir Ustadz Dzulqarnain M. Sunusi, menyampaikan kajian Ramadhan yang memukau tentang nilai-nilai ibadah di bulan Ramadhan.

Dzulqarnain menggambarkan bila nilai-nilai ibadah tersebut dapat diaplikasikan dalam dunia bisnis. “Nilak tersebut diantaranya Din (agama), Jiwa (hifzhun-nafsi), Akal (hifzhul-aqli), Keturunan (hifzhun-nasli), dan Harta (hifzhul-mali)”, Jakarta, 26 Maret 2024.

“Akhlak yang baik sangat dibutuhkan dalam berbisnis atau berwirausaha, terkadang pembeli lebih tertarik dengan penjual yang memiliki akhlak yang baik dibandingkan barang jualannya,” ujarnya. 

Baca Juga: Sandiaga Dorong OK OCE Buka Lapangan Kerja Sebesar 4% Dari Jumlah Penduduk IndonesiaPembahasan mengenai hadis tentang hak pilih (khiyar) antara penjual dan pembeli menjadi titik fokus dalam membentuk transaksi yang berkah.

“Dalam hadist Muttafaqun ‘alaih dijelaskan kedua orang penjual dan pembeli masing-masing memiliki hak pilih (khiyar), bila keduanya berlaku jujur dan saling terus terang maka keduanya akan memperoleh keberkahan. Sebaliknya, bila mereka berlaku dusta dan saling menutup-nutupi, niscaya akan hilanglah keberkahan bagi mereka,” jelas Dzulqarnain.

Baca Juga: Master Trainer OK OCE Indonesia Ungkap 8 Tips dan Trik untuk Meningkatkan Usaha!

Dalam penutupnya, ia menekankan bisnis bukan hanya sekedar upaya untuk memperoleh penghasilan, tetapi juga merupakan bagian dari ibadah yang harus dilakukan dengan niat yang tulus dan baik.

Dengan demikian, kajian tersebut memberikan inspirasi dan pemahaman mendalam bagi para peserta acara buka puasa OK OCE bersama Sandiaga Uno, bahwa bulan Ramadhan bukan hanya waktu untuk beribadah, tetapi juga menjadi momentum yang tepat untuk membentuk akhlak yang baik dalam berbisnis, dengan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan kewirausahaan yang berlandaskan pada ajaran Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *