Wonderful Indonesia Fast Track:UMKM Untuk Peluang Masuk Pasar Mesir

Menteri Koperasi dan UKM RI,  Teten Masduki saat memberikan sambutannya dalam acara, Juni, 2021

JAKARTA  – Terus menindaklanjuti rangkaian kegiatan GEBER UMKM (Gerakan Indonesia Bersama UMKM) dari sinergi HR-UMKMNaikKelas dan YESPRENEUR dengan Kementrian Koperasi dan UKM RI, kembali diadakan webinar pada 15 Mei kemarin dengan kolaborasi bersama KBRI Kairo dan juga Atase Perdagangannya dan juga komunitas OK OCE untuk membantu memajukan produk UMKM menuju pasar Mesir.

Layaknya acara sebelumnya yang telah diselenggarakan oleh HR-UMKMNaikKelas yang memiliki visi dan misi untuk memajukan produk UMKM Indonesia agar Next Level, webinar nasional yang bertajuk “Wonderful Indonesia Fast Track UMKM Untuk Peluang Masuk Pasar Mesir“ ini juga sebagai salah satu upaya membuka peluang untuk para pengusaha UMKM agar dapat memasarkan produknya sampai ke Mesir.

Mengingat HR-UMKMNaikKelas juga merupakan penggerak dari OK OCE Indonesia tentunya sangat mendukung dan turut bekerja keras dan berupaya untuk menyukseskan salah satu program OK OCE Eksport yang telah berjalan dan menjadi jembatan menyalurkan produk-produk UMKM Indonesia agar dapat dipasarkan di pasar Internasional.

Webinar ini dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI,  Teten Masduki, Duta Besar RI untuk Kairo, Lutfi Rauf; Atase Perdagangan KBR Kairo, Irman Adi Purwanto, CEO & Coach HR Academy, Founder HR-UMKMNaikKelas, dan Penggagas YESPRENEUR, Coach Wulan, dan Ketua Umum OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi.

CEO & Coach HR Academy, Founder HR-UMKMNaikKelas, dan Penggagas YESPRENEUR, Coach Wulan

“Kita semua sebagai pelaku usaha harus banyak mendengar informasi yang penting seperti hari ini kita akan membuka informasi dan pencerahan buat temen-temen semua supaya produk kita khususnya pelaku UMKM bisa masuk dalam spesifikasi untuk masuk ke luar negeri.“ Sambutan dari Wulan selaku Coach dan CEO dari HR Academy dan juga Founder dari HR-UMKMNaikKelas ini sendiri.

“Sekarang ini luar biasa perubahannya, tantangan buat kita semua, ada Covid yang tidak kita sangka-sangka“, tutur Bapak Iim selaku Ketua Umum OK OCE Indonesia, “Kita harus bisa menerima perkembangan dan perubahan ini dengan ketangkasan kita. Makanya, fungsi dari HR-UMKMNaikKelas ini supaya temen-temen tidak ditinggal dan akhirnya kita bisa berkembang, berubah, dan melihat peluang-peluang yang ada di tengah Covid.“

“Saya kira peran dari HR Academy sangat strategis dan memberikan akses informasi, pengetahuan, digitalisasi bagi UMKM menjadi wirausaha sukses. Kami sangat senang untuk bisa berkolaborasi.”, Ujar Teten selaku Menteri Koperasi dan UKM RI menyinggung kolaborasi dan sinergi antara HR Academy dengan Kementrian Koperasi dan UMKM RI dalam rangkaian GEBER UMKM ini.

“Kita yang ada di KBRI dan teman-teman stakeholder berusaha memfasilitasi dan mewadahi kegiatan-kegiatan organisasi sebagai tempat bagi mereka untuk belajar, mengembangkan produk, memperluas jaringan, dan lainnya.”, pernyataan dari Bapak Dubes Lutfi di tengah pemaparan materinya.

Ketua Umum OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi.

Melanjutkan pemaparan dari Dubes mengenai peluang dan kinerja perdagangan Indonesia di wilayah Afrika, Atdag Irman Adi menuturkan bahwa ekspor Indonesia ke wilayah Afrika secara umum juga sudah mengalami surplus yang sudah besar sekali sekitar 2M USD dan produk utama non-migas Indonesia yang banyak diminati di pasar Afrika utamanya adalah minyak sawit, kopi, dan produk-produk untuk keperluan membuat kue seperti margarin dan ekspor ke Afrika sendiri masih memiliki kekosongan sehingga dapat menjadi peluang yang cukup besar untuk dapat diisi oleh produk Indonesia.

Sama seperti webinar produk UMKM menuju pasar ekspor yang telah dilakukan sebelumnya, dengan adanya acara ini diharapkan dapat kembali membuka peluang produk UMKM untuk merambah ke pasar Internasional dan membawa kesejahteraan bagi ekonomi Indonesia. Webinar ini disiarkan secara langsung melalui Youtube HR Academy yang akan diunggah sebagai siaran ulang agar masyarakat tetap dapat mengambil ilmu yang diberikan walaupun acara telah selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.